Saturday, March 30, 2013

Cipratan Air

Photo ini saya buat setelah 2 kali pertemuan dengan guru photography saya. Intinya adalah camera harus bisa menangkap gerakan yg cepat. Untuk itu kita harus menyeting camera di kecepatan tinggi. Sebelum saya mendapatkan photo ini saya melakukan beberapa percobaan kecil yang initinya adalah menangkap cipratan air dengan jelas.
Percobaan pertama saya adalah mengambil gambar air yang mengalir dari kran air. Tentu saja hasilnya jauh dari indah dan nyeni. Tapi saya berhasil menangkap butiran2 air yang keluar dari mulut kran dengan jelas. Setelah saya agak mengerti tekniknya, maka saya pun melakukan percobaan untuk mendapatkan photo ini. Awalnya agak sedikit sulit karena saya mengambil di dalam ruangan sehingga tidak cukup cahaya. Kalau saya menggunakan flash, maksimum speed yang saya dapat cuma 1/250. Itu tidak cukup cepat untuk hasil yang saya inginkan. Disamping itu efek dari flash menghasilkan bayangan hitam di sekitar object. Lalu muncul ide untuk mengarahkan object ke jendela yang cukup terang. Inilah hasilnya.




No comments:

Post a Comment